Situs Resmi SD Islam AL-AZHAR 14 Semarang

Beranda » Fasilitas Sekolah » Lingkungan.Budaya.K7

Lingkungan.Budaya.K7

PERNAH SINGGAH DAN BERKUNJUNG :

  • 272.713 barokah Allah
Flag Counter

Tentang Kami :

Lingkungan sekolah yang mengamalkan dan menerapkan budaya K7 (keamanan, kenyamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan).

 

Aman; saling menjaga keamanan diri, teman, warga sekolah, barang-barang perlengkapan sekolah, dan hak milik dalam belajar di ruang kelas, laboratorium, kegiatan belajar, kegiatan kegiatan berolahraga, dan kegiatan lainnya, termasuk bermain. Keamanan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama warga sekolah. Kebiasaan yang dibudayakan seperti: tidak memakai perhiasan, bersikap sopan dan rendah hati, tidak membawa barang mewah, bergaul bersama teman dengan baik, mengenal warga sekolah dengan baik (semua guru, petugas sekolah, dan tenaga kependidikan).

 

Nyaman; merupakan usaha bersama warga sekolah dalam menciptakan kenyamanan lingkungan sekolah, salah satunya adalah dengan menjaga komunikasi yang baik, enak, positif, dan saling menyesuaikan antar warga sekolah sehingga akan menciptakan hubungan yang baik pula, sehingga warga sekolah akan merasa nyaman melakukan aktivitas di sekolah. Selain menjaga interaksi antar warga sekolah, hal lain yang mendukung kenyamanan adalah fasilitas di sekolah yang terawat dengan baik.

 

Bersih; keadaan bebas dari kotoran rohani dan jasmani, termasuk di antaranya ucapan kata dan kalimat, debu, sampah, dan bau. Merupakan usaha bersama warga sekolah bisa menjaga kebersihan diri sendiri (badan, tangan dan kaki) dan bisa menjaga cara makan sehat, sesuai adab rasulullah yang Islami.

 

Tertib; suatu keadaan kehidupan di sekolah yang serba teratur dan tertata dengan baik sesuai dengan syariat agama, dan ketentuan perundang-undangan negara untuk mewujudkan masyarakat sekolah yang dinamis, aman, nyaman, dan tenteram.

 

Indah; keindahan berasal dari kata indah yang berarti keadaan sedap dipandang, bagus, cantik, elok, segala bentuk keindahan yang identik dengan kebenaran segala yang indah. Lingkungan sekolah yang tertata dan mempunyai nilai estetika.

 

Keluarga; merupakan usaha bersama warga sekolah untuk menciptakan suasana harmonis sebagai sebuah keluarga besar, menjalankan ibadah bersama-sama. Saling mengasihi, menghargai, dan tolong-menolong antar anggota warga sekolah. Mengakui keberadaan dan fungsi atau kedudukan masing-masing anggota warga sekolah. Menghargai pendapat satu sama lain antar warga sekolah. Mengamalkan 3S (senyum, salam, sapa) antar sesama teman, dengan kepala sekolah dan guru, serta dengan petugas sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya apabila baru bertemu pada pagi hari atau mau berpisah pada siang/sore hari, sesuai dengan adab rasulullah yang Islami. Membiasakan diri mengucapkan terimakasih kalau memperoleh bantuan atau jasa dari warga sekolah yang lain. Menggunakan bahasa (kata) yang sopan dan beradab yang membedakan hubungan dengan orang lebih tua dan teman sejawat, dan tidak menggunakan kata-kata kotor, kasar, cacian dan pornografi.

 

Rindang; merupakan usaha bersama warga sekolah menciptakan sekolah yang sejuk dan rindang akan membuat kita betah belajar di sekolah, sekaligus menciptakan lingkungan yang sehat. Penghijauan sekolah merupakan usaha untuk membuat suasana sekolah menjadi sejuk dan rindang. Menjaga dan merawat tanaman yang tumbuh di sekolah menjadi tanggung-jawab setiap warga sekolah, tanaman yang subur memberi kesan sejuk dan rindang.

 

–oOo–

HERE WE ARE :

024 - 7479551
Work hours at: 06.30 - 14.30 WIB

MUTIARA HIKMAH :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Arsip

KATEGORI (CATEGORIES) :

Add to Technorati Favorites
%d blogger menyukai ini: