Situs Resmi SD Islam AL-AZHAR 14 Semarang

Beranda » Kegiatan Sekolah » PELATIHAN DOKTER KECIL 2016

PELATIHAN DOKTER KECIL 2016

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin…

Kegiatan pelatihan dokter kecil tahun 2016 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Seluruh peserta yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari kelas IV dan kelas V dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan antusias.

Kegiatan pelatihan dokter kecil diadakan selama dua hari yaitu Jumat, 22 Juli dan Sabtu, 23 Juli 2016. Di hari Jumat kegiatan dimulai dari pukul 07.00 – 11.25 WIB, sedangkan di hari Sabtu dimulai dari pukul 07.00 – 12.30 WIB. Di hari pertama pelatihan beberapa siswa masih terlihat malu, namun setelah mendapatkan materi dari narasumber siswa sudah mampu mengikuti dan antusias.  Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala SD Islam Al Azhar 14 Semarang Sutejo, S.Pd., sambutan Kepala UPTD Kecamatan Banyumanik Semarang Drs. H. Sukali, MM, sambutan Kepala Puskesmas Padangsari Banyumanik sebagai koordinator UKS Kecamatan Banyumanik Dr. Julius Tjandra dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis yang terwakili oleh ananda Haifa kelas VA dan Luthfi kelas IVA.

Sebelum siswa mendapatkan materi tentang Dokcil, siswa mengerjakan soal-soal pre test untuk mengetahui dan mengukur pengetahuan siswa tentang UKS dan Dokcil. Sebagai dasar pengetahuan tentang UKS, siswa juga mendapatkan materi tentang pengenalan dasar UKS. Setelah selesai istirahat dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Kesehatan Perorangan dan Lingkungan dengan narasumber Dwi Purnami, Am.Kg dari Puskesmas Padangsari. Siswa juga belajar menyanyikan mars Dokcil. Sebagai materi penutup di hari pertama pelatihan adalah tentang Gizi dan Jajanan Sehat yang disampaikan oleh perwakilan dari Balai POM Semarang.

Pelatihan dokter kecil hari kedua diawali dengan materi Kesehatan Gigi dan Mulut oleh Novita Andaru Lestari, Am.Kg perawat gigi di SD Islam Al Azhar 14 Semarang. Salah satu kegiatan rutin Dokcil yaitu pemeriksaan jentik nyamuk yang dilakukan di seluruh area sekolah, maka dari itu siswa mendapatkan demontrasi tentang pemeriksaan jentik nyamuk. Setelah istirahat, siswa mendapatkan materi tentang PPPK (P3K) dari mahasiswa Poltekes Semarang.  Siswa antusias mengikuti kegiatan karena sebagian besar materinya adalah praktik. Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang UKS dan Dokcil setelah memperoleh materi dari berbagai narasumber maka siswa mengerjakan soal-soal post test. Kegiatan pelatihan ditutup dengan pembagian reward untuk peserta yang aktif dan tertib saat pelatihan, dan ditutup dengan pesan-pesan dari Kepala SD Islam Al Azhar 14 Semarang. Semoga seluruh peserta Dokcil mampu menjadi barisan paling depan dalam hal kesehatan, dapat memberikan dampak yang positip terhadap keberlangsungan kegiatan di sekolah terutama sektor kesehatan perorangan dan kesehatan lingkungan sekolah.  (koord. Kegiatan)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: