Situs Resmi SD Islam AL-AZHAR 14 Semarang

Beranda » Kegiatan Sekolah » PESANTREN KILAT KELAS IV

PESANTREN KILAT KELAS IV

Jum’at dan Sabtu, 20 – 21 Nopember 2015 merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu siswa kelas 4 SD Islam Al Azhar 14 Semarang karena hari itu diadakan kegiatan ESQ. Kegiatan ESQ merupakan program sekolah bagi siswa kelas 4 yang bertujuan untuk membangun kesadaran ke-Tuhan-an sebagai landasan pembentukan akhlak mulia, memberikan pemahaman suara hati yang fitrah di dalam diri sebagai potensi yang harus dikeluarkan, memberikan kesadaran adanya belenggu serta sikap negatif yang harus dikendalikan dan membentuk karakter dan perilaku yang diharapkan.

Kegiatan ESQ di hari pertama diawali dengan ikrar yang dipimpin oleh ananda Atha siswa kelas 4E. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh ananda Faiq dari kelas 4A dan pembacaan saritilawah oleh ananda Moreno dari kelas 4A. Setelah itu acara ESQ for Kids dibuka secara resmi oleh bapak Sutejo, S.Pd. selaku Kepala SD Islam Al Azhar 14 Semarang dengan membaca basmalah dan dilanjutkan dengan penyematan kartu tanda peserta yang diwakili secara simbolis oleh ananda Angga dan Najela dari kelas 4B.
Kegiatan ESQ for Kids dipandu oleh Kak Adek yang merupakan trainer ESQ dari Jakarta. Pada hari pertama anak-anak diperkenalkan materi background, outer journey, inner journey, ZMP dan star principle. Kak Adek menyampaikan materi dengan metode yang sangat menyenangkan seperti game-game seru, nyanyian dan menggunakan video dimana anak-anak diajak berpetualang.

Pada hari pertama anak-anak diajak berpetualang ke luar angkasa, diajak mengenal apa itu IQ, EQ dan SQ, mengetahui apa suara hati mereka dan mengetahui apa saja yang membelenggu mereka. Serta anak-anak menyadari bahwa Allah lah tujuanku.

Pada hari kedua, anak-anak diajak oleh tim ESQ untuk mereview materi dihari pertama, mempelajari angel principle, leadership principle, learning principle, vision principle, well organized principle, mission statement, character building, self controlling, strategic collaboration dan total action. Semua materi diikuti oleh anak-anak dengan penuh semangat. Dengan mengikuti materi dihari kedua ini anak-anak bisa mengetahui bahwa malaikat mencatat perbuatan, nabi dan rosul adalah tauladan kita, Al-Qur’an adalah pedoman hidup, Hari kemudian merupakan cita-citaku, ikhlas merupakan sikapku, aku adalah wakil Allah, Shalat adalah karakterku, Buang belenggumu, Ayo bangun kebersamaan, dan lakukan yang terbaik bagi hidup kita.

Selama dua hari mengikuti training ESQ for Kids anak-anak mendapatkan berbagai pelajaran yang dapat memperbaiki karakter dan akhlak mereka. Dan tanpa terasa anak-anak pun terbawa emosi senang, sedih, haru dalam mengikuti acara. Anak-anak merasa sedih dan bahkan menangis ketika disampaikan materi yang menyedihkan dan anak-anak merasa sangat gembira dan bersorak-sorai saat mengikuti game dan acara motivasi yang menyenangkan.

Alhamdulillah kegiatan ESQ for Kids berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan penutupan oleh bu Fitriani Sarmita, S.Si. selaku koordinator kegiatan ESQ for Kids yang ditandai dengan foto bersama dengan kak Adek selaku trainer ESQ dan para kakak pendamping ESQ.

PESAN DAN KESAN MURID
Kesan dan pesan dari ananda Atina Qonita Jannatin Afafa kelas 4A
“Aku sangat senang bisa ikut ke ESQ. aku menjadi lebih mengerti siapa diriku ini sebenarnya. Aku akan lebih giat belajar dan rajin sholat agar aku dan keluarga bisa masuk surganya Allah. Aku berjanji tidak akan lupa sholat. Pelajaran ESQ ini sangat penting bagi teman-teman yang lain. Aku akan sangat sedih ketika pelajaran training ini akan berakhir. Aku tidak bertemu lagi dengan kak Adek, kak Fahmi dan kakak lainnya yang telah dengan tulus memberikan pelajaran yang sangat penting. Banyak pelajaran yang aku ketahui. Terimakasih atas semuanya.”

Kesan dan pesan dari ananda Nabila Rizqi Nur Fauzia kelas 4E
“Perasaanku mengikuti training ESQ senang sekali karena bertemu dengan kakak-kakak pembimbing yang baik-baik. Aku memahami tentang apa itu emosi, isi hati, bagaimana diri kita yang sesungguhnya dan belajar tentang besarnya jasa orangtua kita. Yang aku ingin lakukan setelah training ini adalah lebih berbakti kepada orangtua, lebih disiplin, lebih tertib, jujur dan lebih bertanggungjawab. Aku janji setelah training ini aku akan mengurangi marah-marah, tidak membantah orangtua, dan jujur, sopan. Menurutku training ESQ ini penting diikuti karena bisa merubah sifat kita yang jelek menjadi bagus.”

Kesan dan pesan dari ananda Abdurrahman kelas 4E
“Aku suka ikut training ESQ for Kids SD Al Azhar 14 Semarang. Dan aku mendapat ilmu bermanfaat dan lebih mendekat dengan Allah. Aku selalu diajarkan oleh kakak Pembina seperti jujur, peduli, rajin, mandiri, dll. Setelah training ini selesai aku ingin melakukan kebaikan dan mendekat kepada Allah. Aku janji setelah mengikuti training ESQ ini tidak akan meninggalkan sholat 5 waktu, sedekah, kasih sayang, dll. Training ini bermanfaat bagi semua orang.”

(Mitha/koord.)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Tinggalkan Balasan

