Situs Resmi SD Islam AL-AZHAR 14 Semarang

Beranda »

ESQ KELAS IV

Kegiatan ikrar bersama yang dipimpin oleh ananda Alfi dari kelas 4D mengawali acara pembukaan pesantren. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Ahmad dari kelas 4 C dan sari tilawah oleh ananda Faris dari kelas 4B. Surat yang dibaca adalah Surat Luqman ayat 12 – 15. Secara resmi kegiatan pesantren dibuka oleh Ibu Yani Mulyani, S.P selaku Kepala SD Islam Al-Azhar 14 dengan ucapan basmallah dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta yang diwakili oleh ananda Sasya dan ananda Abi dari kelas 4A. Kegiatan training ESQ diawali dengan berdoa yang dipimpin oleh Bapak Suhardi, S.Pd.

Kegiatan ESQ Leadership center for kids di pandu oleh trainer dari Jakarta yaitu Kak Adek didampingi oleh Kak Yasin. Mereka pandai menggugah emosi anak-anak, sehingga AULA lantai II SD Islam Al Azhar 14 selama 2 hari dipenuhi dengan tawa dan air mata. Metode yang digunakan melalui Game-game seru, Nyanyian, tayangan Video dimana murid diajak berpetualang.

Dalam kegitan ESQ ini anak diajak menjawab 3 pertanyaan yaitu siapa saya, dimana saya, dan akan kemana saya. Dari ketiga pertanyaan ini anak- anak diantarkan untuk mengenal Allah SWT lebih dekat yaitu diajak berpetualang melaui outer journey. Dalam perjalanan itu dapat disaksikan benda- benda langit bersujud kepada Allah melalui gerakannya. Penjelajahan tersebut menjadikan diri kita sadar bahwa ternyata kita sangat kecil. Oleh-oleh dari perjalanan tersebut, kita dapat menemukan 5 hal yaitu bahwasanya Allah itu ada, Allah itu Esa, Allah itu Maha besar, Rasulullah itu benar, dan Al Qur’an itu juga benar. Dari oleh-oleh tersebut membuat anak-anak mulai bisa menemukan dirinya bahwa diri kita adalah wakil Allah di bumi yang setiap saat kita akan kembali kepadaNya, oleh sebab itu kita harus bersujud kepada Allah seperti halnya planet, benda-benda langit bahkan DNA dan Neuron semua bersujud pada Allah.

Selama kegiatan anak diajak berpetualang melihat perjalanan Rasulullah Isro’ Mi’roj yang begitu dahsyat, kita saksikan percakapan Allah dengan Rasulullah SAW yang kita kenal sampai sekarang yaitu bacaan tasyahud, seketika itu pula para malaikat menyaksikan dan mereka bersyahadat, secara tidak sadar anak dibawa kepada keyakinan bahwa perintah shalat itu benar. Dengan demikian kita jadi menyadari akan pentingnya shalat bukan karena orang lain tetapi karena rasa syukur kita kepada Allah.

Pada bagian lain Kak Adek menceritakan bahwa kita diciptakan oleh Allah secara sempurna, ketika di dalam kandungan ibu, pada diri kita ditiupkan kata hati yaitu sifat Allah yang baik. Kita dijadikan Allah sebagai wakil Allah, maka hati kita sesunggungnya suci bersih, tetapi dalam kehidupan ini ada belenggu yang harus kita hilangkan yaitu dengan cara ber ZMP (Zero Mind Proces).  Ada 2 cara ber-ZMP yaitu beristigfar dan berwudhu.

Kita diajak untuk menyaksikan tayangan kisah Rasullullah SAW. Anak-anak dibawa kepada pribadi Rasulullah SAW yang agung sehingga mereka lebih mengenal Rasulullah SAW dengan harapan sesungguhnya beliaulah idola sejati yang pantas kita jadikan teladan dalam segala hal.

Dalam acara  ESQ Leadership center for kids ini banyak sekali pelajaran yang dapat kita peroleh, tanpa terasa anak terbawa emosi sedih, haru, empati, gembira acaranya cukup heboh, seru dan menyenangkan.

Alhamdulillah kegiatan pesantren telah selesai dan ditutup oleh Bapak Bambang Agus Sulistiyo yang mewakili kepala sekolah yang ditandai dengan pelepasan tanda peserta. (Afi).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: